Jenis – Jenis Drone Copter

Sebagai seorang pilot, setidaknya kita perlu mengetahui jenis – jenis drone copter. Drone jenis copter ini bukan hanya ada beberapa jenis, dan malahan bisa kita namai sendiri sesuai keinginan kita kalaupun desainnya belum ada yg menyamainya. akan tetapi umumnya drone copter yg sering kita temui selama ini hanya memiliki antara satu buah propeller hingga paling banyak memiliki delapan buah propeller dalam satu buah drone.

Berhubung juga tidak ada nama resmi dari setiap jenisnya itu, disini yg kita jadikan acuan bahwa nama – nama yg sering digunakan untuk menyebut jenis – jenis drone copter yg berbeda dilihat dari banyaknya propeller yg digunakan ini.

1. Single-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

Drone ini memiliki satu buah mesin utama dan untuk penyeimbangnya ditambah mesin penyeimbang di bagian ekornya, bentuknya benar – benar mengadopsi helikopter asli, sehingga untuk terbang dia pun juga membutuhkan baling – baling penyeimbang. Di awal – awal, dulu sempat copter jenis ini dipasarkan, akan tetapi dengan kendali inframerah, selain menerbangkannya juga lumayan susah dan tidak memiliki banyak fitur, kendali infra merah ini dipandang sangat buruk karena andaikan terhalang sesuatu saja sinyal bisa putus. Maka dari itu single copter tidak terlalu diminati. akan tetapi sekarang banyak juga single copter yg sudah memakai frekuensi tinggi untuk transmisi datanya.

2. Double-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

Sama seperti single copter hanya saja Double Copter memiliki dua buah baling – baling utama yg besarnya sama, dan tidak memiliki baling – baling penyeimbang, desainnya sebenarnya meniru jenis helikopter pengangkut yg memiliki dua buah mesin utama, double copter ini juga tidak terlalu diminati, sehingga produsen yg merilis produk double copter hanya produsen mainan berskala besar saja. Walau begitu, ada juga orang yg merakit sendiri drone Double copter dan hasilnya pun memuaskan, walau untuk menerbangkannya juga tidak bisa sembarang orang.

3. Tri-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

Copter yg satu ini, memiliki tiga buah baling – baling di tubuhnya, walau sudah bisa dibilang lebih mudah diterbangkan dengan jenis sebelumnya, akan tetapi masih banyak kendala ketika menerbangkan drone ini, seperti sulit dikendalikan karena terkena hempasan angin. akan tetapi kalau dilihat dari segi fitur, mulai dari tri copter ini, fitur – fitur baru sudah bisa ditambahkan, seperti auto take off, auto landing. Sehinga ada beberapa produsen drone yg mulai memasarkan drone jenis Tricopter ini.

4. Quad-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

yg satu ini pasti sudah tidak asing, iya quad-copter memiliki empat buah baling baling di tubuhnya, dengan ke empat baling – baling ini, quad copter bisa lebih mudah untuk di seimbangkan, malahan sekarang setiap drone pasti sudah dilengkapi gyro yg bisa membuat drone terbang dengan stabil, walaupun terkena hempasan angin sekalipun asalkan itu bukan angin topan. Drone ini lebih mudah dikendalikan sehingga banyak sekali produsen mainan yg mengeluarkan drone buatan meraka sendiri. Kebanyakan drone jenis ini digunakan untuk akrobatik udara, dan juga untuk kegiatan pengambilan gambar dari atas udara.

5. Hexa-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

Hexa copter sebenarnya sama seperti quad – copter, bedanya hexa copter memiliki enam buah propeller yg akan membuatnya bisa terbang. Memang dengan tambah banyaknya baling – baling drone akan lebih mudah untuk stabil, apalagi andaikan digunakan untuk pengambilan gambar. akan tetapi disisi lain karena ketambahan dua buah motor, untuk segi tahan lama baterai menjadi lebih cepat habis alias boros daripada Quad copter. Perusaahaan yg bergerak dibidang pesawat mainan pun tak kalah mengeluarkan drone hexa copter buatan mereka dengan fitur – fitur andalan masing – masing.

6. Octo-Copter

Jenis - Jenis Drone Copter - OmahDrones

Kalau mendengar kata octo, pasti larinya ke musuh spiderman, atau ke gurita. Sebenarnya ada benarnya. Kata Octo yg bisa diartikan Delapan Lengan dan ditambahi copter, sehingga artinya sebuah copter yg memiliki delapan lengan, akan tetapi disini lengan masuknya ke baling – baling atau propeller. Sehingga octo-copter bahwa sebuah drone yg memiliki delapan buah baling – baling yg digunakannya untuk bisa terbang. Drone jenis ini memang dikenal sangat mudah untuk dikendalikan, apalagi andaikan sudah ditambahi fitur – fitur serba otomatis. akan tetapi tetep saja, yg menjadi masalah utamanya bahwa bagian baterainya. Karena membutuhkan daya cukup besar maka baterainya cepat habis, sehingga produsen besar pun merasa tidak perlu mengeluarkan drone jenis ini.

Nah itu dia beberapa jenis drone tipe copter yg dibedakan berdasarkan banyaknya propeller dalam tubuhnya. Ternyata ada banyak jenisnya ya, lalu drone milik kamu termasuk kedalam jenis yg mana? pasti mayoritas ada di jenis Quad-Copter ya. Memang untuk yg sangat direkomendasikan itu bahwa jenis quad-copter karena dia selain sudah bisa terbang dengan stabil. Quad-Copter menjadi drone yg paling efisien andaikan terbang menggunakan baterai, karena lama terbang dengan kapasitas baterai bisa dibilang seimbang. Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat, sampai jumpa lagi.

Kata Kunci Lainnya:

gambar buah bit, gambar fuull duren, mesin pembuat pelet apung sekunder